Selasa, 01 November 2011

Bahaya Western Attitude

Sudah lama saya tidak nonton acara TV (bahasanya pake "nonton acara TV" bukan "nonton TV" karena kalau nonton TV sudah tiap saat, tapi hanya TV-nya saja, g ada gambarnya). Kali ini ada kesempatan untuk menonton TV sampai pagi. Hal ini karena ada kegiatan MGPM dan ada fasilitas penginapan, TV dan listrik 24 jam (kalau dikampung listrik hanya 5 jam saja itu pun pada malam hari). Kesempatan ini tidak disia-siakan, kali ini TV malah yang nonton saya tidur. he he he he.......

Ada hal yang miris dalam perasaan dan pikiran ini. Setiap menonton iklan yang di tayangkan oleh stasiun TV, ada hal yang sudah menjadi kebiasaan, pola pikir, dan sikap yang sama. Hal ini mungkin dianggap sudah biasa oleh penonton TV yang tidak peduli dengan sikap generasi penerusnya.

Apa yang membuat miris hati dan otak tersebut? Hampir setiap iklan yang muncul ada gambar ilmuwan dari negeri barat. Entah diamengaku PAKAR, DOKTER AHLI, PROFESOR, atau yang lainya. Dengan berpakaian jubah putih dan gaya yang meyakinkan, mereka menjelaskan kelebihan produknya dilengkapi dengan logat bahasa Indonesia "pelo".

Apa kira-kira imbas bagi generasi muda? sikap pesimis untuk menjadi ilmuan. Muncul pola pikir "mengapa yang muncul di iklan hanya ahli-ahli dari barat? bukan orang Indonesia? berarti orang Indonesia tidak (belum) mampu untuk menjadi seorang ahli/ilmuwan?". Generasi penerus akhirnya akan menjadi penikmat produk-produk yang ditawarkan (memeng itu yang menjadi harapan produser produk tersebut). Mereka akan meremehkan produk Indonesia yang tidak memakai tenaga ahli dari barat.

Anjuran berbagai orang-orang terkemuka di negara ini akan menjadi sia-sia lagi. Padahal UKM yang ada di Indonesia cenderung menggunakan tenaga ahli dari dalam negeri dengan produk 100% asli Indonesia. Generasi penerus akan menjadi orang yang terjajah oleh iklan-iklan tersebut, padahal belum ada KEPASTIAN bahwa ahli yang ada di iklan tersebut adalah benar-benar seorang AHLI atau hanya seorang artis iklan yang dibayar untuk memerankan seorang AHLI dalam bidang tertentu.

AYO..................KITA PASTI BISA.............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar