Senin, 31 Oktober 2011

Mencari Ide Menulis Karya Ilmiah

Kewajiban guru pada akhir-akhir ini semakin berat. Guru diwajibkan untuk membuat karya tulis ilmiah. Karya ilmiah bisa berupa hasil penulisan, artikel, resume, atau kajian kritis. Kewajiban ini harus bisa dikuasai oleh guru mulai sekarang karena pada tahun 2013 aturan ini sudah diterapkan. Tuntutan ini membuat kelabakan sebagai besar guru, terutama guru yang sudah menerima predikat guru berSERTIFIKAT. Guru yang "terpaksa" menerima predikat tersebut mencari cara bagaimana membuat karya ilmiah yang mudah.

Bagaimanakah cara mudah? Banyak widyaiswara (WI) yang mengajarkan untuk membuat karya ilmiah dengan melakukan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). PTK yang adopsi dari negara luar tersebut diterjamahkan dalam berbagai versi, sehingga antara satu WI dengan WI yang lain bisa saja berbeda penyampaian dan pemahamannya. PTK menjadi ujung tombak guru dalam meningkat profesionalismenya dalam memberikan pengalaman pada siswa-siswanya. Akan tetapi, "pengagungan terhadap PTK menjadi bumerang bagi pemahaman guru. Guru berpendapat bahwa PTK adalah satu-satunya cara untuk membuat karya ilmiah dan meningkatkan profesionalimenya. Hal ini seharus sudah bisa dideteksi oleh para pengembang keprofesionalismean guru.

Khusus untuk daerah pedalaman seperti tempat tinggal penulis, membuat PTK mengalami beberapa hambatan. Hambatan yang paling utama adalah buku sumber atau literatur atau daftar pustaka untuk kajian pustaka dan memperkuat topik penelitian. Minimnya buku "bergizi" yang beredar di daerah pedalaman, seharusnya menjadi kajian bagi pemerintah dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru. Jika hal ini ditanyakan kepada instruktur, maka jawabannya adalah MEMANFAATKAN INTERNET. Akan tetapi jawaban tersebut tidak memuaskan, hal ini disebabkan informasi di internet masih perlu dipertanyakan. Banyak sumber di internet yang belum valid karena isinya yang masih asal-asalan.

Hambatan ini menjadi penyebab hambatan pokok manusia yang profesional, yaitu mencari ide tema yang akan dibuat karya ilmiah. Ide akan muncul jika seseorang sudah mempunyai banyak informasi baik yang diperoleh dari membaca atau dari pengalaman pribadinya.

Ayo perbanyak infomasi agar IDE MENULIS KARYA ILMIAH mudah didapat!!!!!!!!.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar