Kamis, 24 November 2011

Benderanya Masih MERAH PUTIH koq....

Mau tahu Indonesia itu kayak apa? Jawabannya hanya satu, kunjungilah Indonesia seutuhnya. Kalau mau tahu Indonesia hanya melihat BALI maka akan terlihat Indonesia kaya akan budaya dengan ketentramannya. Jika mau tahu Indonesia hanya pergi ke JAKARTA, maka akan terlihat Indonesia itu (kayak) negara maju, gedung bertingkat tinggi dan megah, tetapi kemacetan dimana-mana. Tapi Jika melihat Indonesia sampai ke daearah pelosok, contoh pedalaman Kalimantan, maka akan terlihat Indonesia seperti negara-negara di Afrika.

Tanah luas yang hanya ditumbuhi alang-alang membuat orang menempuh perjalanan di jalur itu merinding. Betapa tidak, suasana sepi dan hanya ada satu jalan saja antar saatu kota dengan kota yang lain. Jarang ada orang yang berpapasan dan jarang rumah penduduk. Jika terjadi sesuatu, maka sudah pasti bisa diterka, bantuan akan datang 2 sapai 3 jam baru datang.

Pada saat pertama kali melalui salah satu jalur yang seperti di atas, saya tertegun, jalan seperti kawah gunung Bromo dan Gunung Tangkuban Perahu berjejer rapi bagaikan ada pawai kawah gunung pada saat itu. Tidak mudah seorang sopir mengendalikan kendaraannya agar penumpang bisa menikmati perjalanan. Kejenuhan demi kejenuhan akhirnya mengumpul menjadi satu, sehingga otak ini mengeluarkan pertanyaan nyeleneh, APAKAH INI MASIH WILAYAH INDONESIA? kalau IYA, APAKAH INI YANG DINAMAKAN NEGARA YANG SUDAH MERDEKA dan MENDAPAT GELAR NEGARA BERKEMBANG???

Iyah..... saya yakin Presiden dan wakilnya serta manusia-manusia yang asyik duduk di kursi empuk kantor menteri dan gedung DPR belum pernah lewat jalur itu.... Satu yang meyakinkan saya bahwa jalur itu masih masuk wilayah NKRI, BENDERAnya masih MERAH PUTIH walau sudah suluh dan bagian ujungnya sudah compang-camping dimakan angin....

Indonesia ku.......... maafkan aku tak bisa memberikan yang terbaik untuk mu....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar