Selasa, 24 Mei 2011

Kiamat 20 - 12 - 2012 Menggunakan Hitungan Matematika

Ada-ada saja topik untuk menyegarkan urat mata malam ini. Disaat browsing tentang karya ilmiah matematika, berbagai situs berebutan untuk menampakkan diri dan meminta untuk di pijet (baca: klik). Tak ayal lagi, mata yang sudah tinggal 7,5 watt ini dipaksa untuk melakukan kontraksi sampai 60 watt (menurut informasi 60 watt ukuran normal untuk mata yang sedang dipakai belajar). Berbagai bahasa pun muncul sampai otak ini bingung memilih dan memilah huruf untuk dirangkai menjadi kata-kata yang penuh makna.

Beberapa hari yang lalu (masih bulan Mei 2011) saya dihubungi oleh teman dari tanah seberang sana (pulo Borneo) melalui sms. Dia bertanya, "Pak, gimana hitungan kiamat tanggal 20-12-2012 menggunakan rumus Matematika?". Karena teman ini sukanya usil sama teman yang lagi menikmati kebahagian, saya jawab aja dengan sekedarnya, biar dianggap masih memperhatikan teman yang lagi ada di pedalaman hutan tropis.

Ternyata dia memaksa saya untuk menjawab pertanyaannya. Langsung saja saya jawab "tambahkan aja bilangan 1 sampai dengan 2012, nanti sampean dapat angka ajaib." Ternyata dia masih tidak puas juga. Akhirnya saya biarin aja sms-nya, tidak saya jawab. Beberapa menit kemudian datang lagi sms ke HP saya. Ternyata murid saya mengirim SMS dengan pertanyaan yang sama. Sang murid memang terkenal pandai dalam berhitung. Nasibnya lebih tragis lagi, sms murid tersebut tidak saya gubris sama sekali.

Malam ini (tepatnya dini hari kali yach...) saya mendapat video youtube yang menjelaskan perhitungan kiamat menggunakan rumus "matematika" dan diperoleh tanggal 20-12-2012. Kata matematika saya kasih tanda petik karena saya belum pernah menemukan rumus aneh tersebut. Beberapa keanehan (mungkin ketidakkonsistenan atau malah ketidakvalidan) rumus tersebut adalah :
1. mengapa n = 0? jika n = 0 akibatnya 0 pangkat 0 hasilnya adalah tidak terdefinisikan,sehingga tidak akan menghasilkan apa-apa, sedangkan pada video tersebut 0 pangkat 0 hasilnya 1 (salah)
2. bagaimana jika n = 1; n = 2; n = 3; atau untuk n yang lainnya? ==>> akan diperoleh tanggal dan tahun yang berbeda-beda, apakah kiamat akan terjadi beberapa kali?
3. pada hitung tersebut, tepatnya pada baris ketiga, secara tiba-tiba muncul 9 sebagai pembagi 20122012, mengapa bisa seperti itu? mengapa tidak dibagi 2, 3, 4, atau 7 atau berapalah....

Saya kurang tahu apakah pembuat video tersebut sudah paham akan aturan-aturan yang ada pada MATEMATIKA atau hanya sekedar mencari sensasi saja. Banyak kejanggalan-kejanggalan yang tidak bisa saya tuliskan tetapi bisa saya sampaikan secara lisan, dan hal ini tidak mungkin di blog saya sangat sederhana ini.

Satu keyakinan saya, Kiamat urusan ALLOH, kita sebagai hamba hanya bisa nrimo. Yang penasaran dengan video tersebut silahkan cari menggunakan bantuan abah GOOGLE dengan kata kunci kiamat-2012. Selamat pagi Indonesia ku....

1 komentar:

  1. bener bget tuh pak, mereka tidak memahami betul tentang konsep matematika yang sebenarnya.

    www.puguharief.co.cc

    BalasHapus