Selasa, 24 Mei 2011

Catatan dari MTD (Malang Tempo Doeloe) VI - 2011

Udah 6 tahun acara akbar kota Malang ini diadakan. Malang Tempo Doeloe merupakan acara tahunan yang akan selalu yang akan didambakan oleh setiap pencinta acara jadul. Betapa tidak, acara yang menyajikan kisah-kisah kalsik jaman dulu mempunyai kesan tersendiri. Dari makanan, minuman, sajian, pertunjukkan, pakaian,.... pokok e semuanya deh....

Saya kurang tahu, MTD keberapakah saya tidak hadir untuk meramaikan acara kabar kota Malang ini. Yang jelas pada edisi ke-6 ini, saya "terpaksa" datang utnuk mencicipin nuasa klasik Indonesia. Saya diajak murid-murid SMA Surya Buana untuk bersama-sama hadir dan mencari sesuatu yang baru.

Tak ayal lagi..... ada sesuatu yang menggetarkan hati ini. Nggak tau apa itu.... Semua terasa mengalir mengikuti aliran darah ke seluruh tubuh. Tak terasa, aliran itu berlanjut ke aliran air mata. Saya sendiri kaget, ada dengan saya???? Saya menjadi ingat teman-teman seperjuangan yang ada di pulo sebrang sana, pulo Borneo. Sejak saya pulang tanggal 7 Mei 2011 kemarin, saya mendapat kabar kalau listrik desa mati dan kampung menjadi gelap gulita. Melihat lampu teplok yang dinyalakan oleh beberapa stand (stand ESIA, yang saya lihat udah nyala), saya tambah haru dengan teman-teman di Desa Terawan, Kab. Seruyan, Kalteng. Ternyata di Malang kejadian ini terjadi pada jaman dulu, pada kenyataannya, di bumi pertiwi yang lain, masih terjadi pada abad ke-21 ini, tepatnya tahun 2011. Jamannya sudah Android n Ipod n Ipad....

Ketika melewati salah satu panggung pertunjukkan, beberapa anak muda dengan berbagai model pakaian, melakukan tarian dan melatih pengunjung yang mau tahu tarian tersebut. Tarian tersebut saya lihat seperti tarian dari tanah Arab. Teringat otak pada kejadian-kejadian yang dialami kang A. Fuadi ketika menuju Kanada. Bertambahlah rasa haru itu dalam dada ini. Emmmmm............ mengapa jadi kayak gini.

Dulu ketika MTD-MTD sebelumnya, semua saya rasakan dengan sukacita. Ada sebuah kebanggaan yang menyatakan bahwa sekarang Indonesia sudah MERDEKA dan ada pernyataan, "goodbye jaman dulu, semua kesusahan mu g akan pernah aqu rasakan di jaman yang sudah berperadaban ini". Tetapi ternyata tidak, Indonesia belum merdeka seutuhnya. Kemerdekaan Indonesia masih parsial dan perlu usaha keras agar kemerdekaan seutuhnya bisa tercapai.

Siapakan yang berjuang demi kemerdekaan Indonesia seutuhnya??? yang jelas tidak mungkin orang-orang yang memikirkan bagaimana cara mengeruk uang negara demi mengisi saldo-saldo tabungan/deposito mereka. Baik pihak pemerintah maupun dewan tidak ada niatan baik untuk kemerdekaan Indonesia seutuhnya. Hanya segelintir orang yang mau berjuang, yang notabene, mereka orang-orang kecil yang tidak punya suara secara nasional... Kapan Indonesia Merdeka Seutuhnya??? bandingkan aja dengan MTD, kalau masih ada wilayah Indonesia yang kayak MTD, berarti Indonosia belum MERDEKA....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar