Minggu, 15 Agustus 2010

Kreativas Dadakan

Kreatif dan inovatif, itulah hal yang terpenting yang harus dimiliki oleh seorang guru. Ilmu kreatif fan inovatif itu tidak pelajaran khusus di sekolah maupun di bangku kuliah. Kedua hal tersebut terbentuk dengan sendirinya. Pengalaman, mungkin itulah yang menjadikan tingkat kreativitas dan cara berinovasi seseorang berbeda-beda. Yach... pengalaman adalah guru yang terbaik. Memang sih, ilmu itu tidak hanya ada di bangku sekolah atau diperguruan tinggi. Ilmu itu sebetulnya BERSERAKAN seperti sampah yang banyak di sekitar kita. Karena seperti SAMPAH itulah, akhirnya kita biarkan ilm-ilmu tidak dimanfaatkan dengan sebaiknya.

Mengajar di tempat yang cara hidupkan seperti kota tetapi pola pikirnya masih dangkal ternyata ada manfaatnya juga. Ini adalah pengalaman temen ku yang mengajar di TIK pada kelas 9. Kemarin dia bercerita kalau dia diberi tugas dadakan untuk mengajar kelas 9 pelajaran TIK. Wuihhh... kalau masalah keilmuah TIKnya sihhhh nggak jadi masalah, tapi gimana cara ngajarinnya????

Sekolah ku itu blm ada fasilitas komputer sama sekali, kalau pun ada, gimana mo memanfaatkan, wong listriknya aja adanya sore ampek malem jam 11 aja. Emmmm.... tapi karena target pembelajaran tidakbegitu tinggi, ya... temen ku tenang-tenang aja jadinya...

Tidak dilarangnya siswa membawa hapi ke sekolah dimanfaatin temen ku untuk dijadikan fasilitas pebelajaran TIK. HP yang dipunyai siswa-siswa qu lumayan canggih-canggih. Walau kebanyakan made in china, tapi dengan kelengkapan fasilitasnya menjadikan temen qu bernapas lega.

Ditambah dengan fasiltas pinjaman yang lain, leptop pinjam dan card-reader hasil temuan g sejanga di tempat buku, temen qu ngajarin browsing dan mindah file dari leptop ke micro-chip. Hasilnya cukup membuat pembelajaran berjalan lancar dan SANGAT BERMAKNA. Selama ini, pembelajaran TIK hanya difasilitasi 1 leptop aza. Sehingga siswanya antri untuk melihat presntasi guru.

Semoga pengalaman ini bisa menjadikan stimulus kretivitas aqu dan temen2 yang laen untuk slalu berkreasi dan berinovasi dalam pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar